Friday, May 10, 2013

Sejarah Pendidikan Keperawatan Dunia


Selama beberapa dekade terakhir, perkembangan pendidikan keperawatan telah menggeser fokus praktik keperawatan.
Pendidikan keperawatan saat ini telah terintegrasi dengan disiplin ilmu lain dalam bidang kesehatan.
Selain itu, sekarang sudah terjalin kerjasama antar-profesi dalam dunia pendidikan dan pemanfaatan penelitian ketika membuat keputusan klinis dan manajerial.
Pendidikan perawat jaman dulu lebih fokus dan intens memberikan keterampilan praktik, namun menekankan hubungan subordinat antara perawat dengan dokter.
Artinya perawat tidak memiliki otoritas dan hanya sekedar menuruti arahan atau perintah dokter.
Hal ini sudah tidak berlaku lagi sekarang.  Salah satu sebabnya adalah dampak dari pendidikan perawat yang semakin maju.
Pendidikan yang setara dengan profesi lain mampu mengembangkan rasa percaya diri, selain itu lulusannya pun semakin mampu memberikan kontribusi yang sama sebagai tim kesehatan. Tapi sayangnya, di beberapa negara belum memiliki program pendidikan sarjana.
Sebelum Florence Nightingale muncul, perawat bukanlah pekerjaan yang profesional.
Pekerjaan perawat sering dilakukan oleh biarawati atau perempuan muda utusan dari lembaga keagamaan, meskipun ada juga perawat pria, terutama dalam pelayanan kesehatan mental.
Pada tahun 1860 Nightingale mendirikan sekolah pelatihan perawat pertama di St. Thomas Hospital, London.
Kurikulum Nightingale sebagian besar berdasarkan pada praktik keperawatan, dengan berfokus pada kebutuhan akan kebersihan dan kompetensi tugas. Metode – metode yang digunakannya tercantum dalam bukunya yakniNotes on Nursing, 1898.
Beberapa perawat lain pada waktu itu, Ethel Gordon Fenwick, yang mendukung supaya keperawatan dan kurikulumnya terdaftar secara formal untuk  pendidikan yang lebih tinggi dan tidak hanya terbatas di rumah sakit.
Pendidikan perawat di Amerika Serikat banyak ditawarkan oleh berbagai universitas, walaupun belum jelas siapa yang pertama membuka program sarjana.
Namun sampai saat ini, Yale School of Nursing dikenal sebagai sekolah khusus keperawatan pertama di Amerika Serikat pada tahun 1923.
Sedangkan di Eropa, University of Edinburgh adalah lembaga Eropa pertama yang menawarkan gelar keperawatan pada tahun 1972.
Di Indonesia, pendidikan tinggi perawat level sarjana pertama kali berdiri di Universitas Indonesia pada tahun 1985.
Pada tahun 1994, Universitas Padjadjaran Bandung membuka Program Studi Ilmu Keperawatan, pada tahun 2005 berubah menjadi Fakultas Ilmu Keperawatan.
Selain program sarjana (S1) dan Pendidikan Profesi Ners, saat ini FIK Unpad sudah membuka Program Magister (S2)
Beberapa tahun terakhir semakin banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia yang mulai membuka program sarjana pendidikan keperawatan. [io]
Sumber : wikipedia

0 comments:

Post a Comment